VersiTeks.com
Selain membaca versi teks anime dan manga, di sini kalian juga bisa membaca dan mengirim cerita karangan kalian sendiri, baik itu yang berupa cerita berseri, cerpen (oneshot), atau fanfiction.
login · register · kirim cerita · setting · kuis
home · versi teks · cerita karangan · oneshot · fanfiction · jadwal rilis


Silakan login atau register jika belum memiliki akun untuk menikmati berbagai fitur khusus di situs ini serta akses tanpa iklan-iklan yang mengganggu.
Like Halaman Baru KOPBI, Official Komik One Piece Bahasa Indonesia, selain itu palsu :D
ALASAN Pembaca Memberi NILAI Pada Cerita di VT

2017-01-11 - LaZiEsT SiLeNt DiZzY
197 views | 21 komentar | nilai: 8.56 (9 user)

Dalam membaca cerita di dunia VT ini kadang kita melihat beraneka ragam kesan para pembaca, walau sebenarnya tak ada yang benar-benar tahu kesan para pembaca itu kayak apa., kecuali pembaca itu sendiri.

Dari kesan-kesan itu, mereka mengungkapkannya melewati komentar., dan tentu saja ada sebagian dari mereka memberikan nilai plus melalui pemberian sebuah nilai. Walapun jarang sih..., kadang pembaca banyakpun yang memberi nilai tak lebih dari 10 orang. Kalaupun ada, hal yang sangat jarang. Kebanyakan 5 orang kebawah, bahkan dalam sebuah cerita tak ada satupun yang memberi nilai.

Dulu di VT sistem nilai tidak ada. Tapi untuk perkembangan situs ini, Admin menambahkan sistem nilai disetiap cerita. Namun, yang menjadi pertanyaan besar, kenapa kita tidak bisa mengetahui siapa pembaca yang memberi nilai tersebut? Ada yang tahu alasannya?

Ok, langsung saja mengenai tingkatan nilai dan alasan pembaca memberi nilai:

1. Pemberian nilai angka 10.

Tipe nilai sempurna.(nilai yang sering muncul) Mungkin memang cerita yang dibaca member sangatlah menarik, atau mereka memang menyukai cerita tersebut, biasanya ini tipe pembaca pengikut., walau tak semuanya sih...

Mempunyai kesan SUPER SEKALI sehingga para pembaca tak segan untuk memberi nilai 10. Kadang cerita super geje abis tapi menarik., tak luput dari mendapat nilai sempurna ini.
Fans sang penulis kadang memberikan nilai ini juga.

2. Pemberi nilai angka 9.

Cerita yang mendapatkan nilai ini termasuk cerita yang mempunyai kesan, hebat dan bagus sekali. (nilai yang cukup sering muncul juga) Nilai kategori cerita yang mendekati sempurna.

Penulisan typo tapi hanya sedikit bisa menjadi alasan pembaca memberi nilai ini. Adakalanya pembaca memberi nilai ini karena memang menganggap tak ada sesuatu yang sempurna., jadi sebagus dan sekeren apaun cerita yang dibaca, tetap saja pembaca ini memberi nilai 9.

3. Pemberian nilai angka 8.

Nilai angka ini untuk katagori cerita yang dibilang bagus, ok, siip.. dan entahlah... Kesan kekurangan pada cerita meski hanya kekurangan kecil dan cukup banyak typo, mungkin menjadi alasan pembaca memberi nilai ini. Secara garis besar cerita yang dibaca cukup menarik, tapi karena kesan power cerita kurang, menjadi alasan juga pembaca memberi nilai ini.

3. Pemberian nilai angka 7.

Nilai ini sebenarnya dikatagorikan nilai cukup. Cerita yang kesannya sedang-sedang saja. Typo yang terlalu banyak bisa membuat pembaca memberi nilai ini. Bisa juga cerita yang dibaca tidak begitu menarik, tidak sesuai judul, dan kadang tidak sesuai harapan pembaca. Kadang kala kesan imajinasi cerita tidak muncul bisa membuat pembaca memberi nilai ini.

4. Pemberian nilai angka 6.

Katagori nilai "kurang" ini kadang berasal dari pembaca yang pelit"., kadang memang ceritanya yang mempunyai typo parah, alurnya yang gak jelas., dan kadang menyinggung sebagian individu atau kelompok., bisa menjadi faktor nilai ini muncul. Dugaan lain mungkin sebagai trik agar cerita yang dibaca tidak naik podium., alias tidak masuk dalam cerita faforit mingguan. Jadi tidak menutup kemungkinan cerita yang baguspun, bisa mendapat nilai ini.

Mungkin juga karena ingin memberi nilai lebih rendah lagi, tapi malas ngetik alasannya yang harus mencapai 20 kata. Makanya pembaca hanya memberi nilai 6.

5. Pemberian nilai angka 5, 4, 3, dan 2.

Sengaja saya rangkum pembahasannya karena nilai ini termasuk nilai yang sama-sama mengecewakan., walau sebenarnya tingkatannya berbeda.

Nah ini katagori nilai merah atau bisa dibilang nilai yang sangat rendah. Dalam kategori nilai 5 ke bawah, pemberi nilai diharuskan menuliskan alasannya di link tertentu, yang minimal mencapai 20 kata. Tentu saja hal itu untuk alasan kenapa sampai memberikan nilai sangat rendah. Padahal Admin juga menyinggung agar tidak memberikan nilai yang asal-asalan., tapi masih saja ada yang memberi nilai ini.

Nah yang disinilah penulis tidak bisa mengetahui alasan apa yang sebenarnya diketik dalam kolom komentar tersebut. Mungkin asal ketik aja yang penting menapai 20 kata., ha ha..Lalu kenapa ya ada pembaca memberi nilai ini?

Faktor alasan mungkin cerita yang dibaca sangat mengecewakan, menyinggung atau mungkin bukan tulisan yang layak ditulis di VT. Atau malah mungkin faktor balas dendam", misal karena komentar yang menyakitkan. Karangan kopas bisa masuk dalam katagori nilai ini juga.

6. Pemberi nilai angka 1.

Nah..!! yang terakhir ini, ni.., nilai yang bisa membuat penulis sakit hati dan down. 5 kebawah aja bikin down apalagi yang ini. Nilai istimewa luar biasa kejamnya bagi seorang penulis. Sampai ada seorang penulis yang membuat tulisan tentang nilai ini. Mungkin bisa dikatakan sungguh keterlaluan.

Nilai ini seperti tidak menghargi sama sekali hasil karya penulis. Padahal mereka rela tidak tidur saat mengetik cerita itu. (kalo tidur, kan gak bisa ngetik.)
Adapun kopas, tapi tidak mencantumkan sumbernya juga bisa membuat nilai ini muncul.

Faktor lain bisa juga seperti, balas dendam karena tersinggung tingkat tinggi., cerita yang memang benar-benar hancur. Atau kemungkinan menjatuhkan ratting cerita tersebut agar tidak muncul lagi dihalaman depan.

Jujur tulisan saya sendiri yang berjudul (Renungan) Mayat pernah mendapat nilai angka 1 ini. Dan yang pasti sampai sekarang tak tahu siapa dan apa alasannya.

.
.

Sebenarnya banyak faktor lain yang menjadi alasan pembaca memberi sebuah nilai. Dan hanya pembaca itu sendiri yang mengetahui alasan sebenareya. Selain itu, yang diharapkan penulis sebenarnya adalah..

Sah-sah saja memberi nilai berapapun., tapi alangkah baiknya jika pemberian nilai., terutama nilai rendah tersebut, ditambahkan alasannya pada kolom komentar.

Tapi sayangnya belum ada pembaca yang memberi nilai 7 atau 6 , menuliskan alasan, atau keritikan atau saran pada kolom komentar. Apalagi yang memberi nilai 5 kebawah bahkan nilai 1 pun, mereka tanpa memberikan alasan yang jelas.

Lebih baik keritikan pedas pada cerita dari pada hanya memberi nilai rendah tanpa suara.

Jadi adakah pembaca yang bertanggung jawab pada nilai rendah yang diberikannya., dengan memberikan alasan secara jantan atau betina..!? (Eh.. .. Emang hewan jantan dan betina?) ha ha...

Ok, sekian dulu terimakasih dah mampir.
Dan maaf semuanya.


syiEIRLYStea
2017-03-17 15:01:53
dulu aku lumayan suka ngasih nilai kecerita2 yang aku baca, entah suka kasih berapa. Tapi semenjak aku kembali sampai detik ini, aku gak pernah lagi kasi nilai tuh. Males, hpnya ngeselin sih... (curha
Sunrise
2017-01-31 09:50:47
Yakin kuat dikritik pedas, bahkan sangat kejam? Kalau koreksi typo mungkin sudah biasa.
Whiti Intheforest
2017-01-29 17:11:33
Jangan ragu beri nilai 10 kalau kamu suka ya !!! < apa kmu prnh mendngrny?
Question Of Life
2017-01-27 10:06:53
setelah diperhatikan ada satu lagi alasan pembaca ngasih nilai 10 yaitu saat cerita bersambung lama akhirnya diupdate penulisnya, apalagi jika cerita itu memang ditunggu klanjutannya
John Cena
2017-01-14 12:11:14
Kisana sering salah pencet ketika sedang minum segar sari tumpeh tumpeh.
Mutia 4Ra
2017-01-12 07:17:23
ne aku jrng ksih nilai ke certa.klo pun ngasih pling rendh itu 7.tu buat certa yg g enk d bc.dn aku bukn tipe org yg suka koment.
Saint Shamrock
2017-01-11 19:45:01
jujur saja,,saya klo ngsh nilai 9/10,entah itu crta apa saja,
Rudy Wowor
2017-01-11 17:23:32
Memberikan nilai + alasannya seperti menarik, soalnya aku gak pernah ngasih nilai ke cerita.
Otosaka Yuu
2017-01-11 16:11:25
Kalau aku sering kasih nilai 9/10 kecuali kalau cerita trool, trap atau copas baru aku kasih nilai dibawah 6
Don krieg
2017-01-11 16:08:33
lanjutkan
Baca Semua Komentar dan Balasan
daftar user · online · daftar penulis
halaman awal · group facebook